cursor

Jumat, 12 November 2010

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA MEDIS

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Peran teknologi informasi kini telah mencakup hampir di semua bidang ilmu, tidak terkecuali di bidang ilmu kedokteran. Perkembangan teknologi di bidang kedokteran dan kesehatan serta semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi (ICT), memberikan akses untuk masyarakat umum mendapatkan informasi menjadi sangat terbuka luas. Masyarakat juga harus mendapatkan sumber informasi secara benar, sehingga masyarakat umum akan terlindungi dari informasi-informasi yang tidak benar dan kurang akurat, terutama informasi dibidang kesehatan dan kedokteran.
Teknologi merupakan segala sesuatu yang dikembangkan oleh manusia sebagai perpanjangan tangannya untuk melakukan segala aktivitasnya. Seperti halnya bidang keprofesian lain, bidang kedokteran juga mengalami kemajuan dalam hal teknologi. Berawal dari pengunaan alat medis secara manual, kemudian penggunaan komputer untuk database pasien, hingga penggunaan alat – alat medis yang canggih. Sebagai contoh, para dokter saat ini juga sudah diperlengkapi dengan alat- alat yang telah terkomputerisasi, dimana peningkatan kualitas komputerisasi semakin jelas terlihat. Dan tidak dapat dipungkiri, saat ini alat – alat komputer sangat membantu efektivitas kerja tidak hanya kaum profesional, pekerja jobdesk, tetapi juga seorang dokter.

Berbagai inovasi dan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai teknologi talah banyak ditemukan dalam dunia kedokteran. Segala alat – alat yang bekerja berdasarkan protokol komputer dari alat kecil hingga alat besar dan kompleks telah menghiasi perkembangan dunia kedokteran. Secara khusus, salah dua contoh produk dalam dunia kedokteran itu adalah kursi roda dan prosthetic limb (penahan tulang kaki).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger