cursor

Jumat, 05 November 2010

Menghapus Linux dari Dual Boot dengan Windows 7

Tidak beberapa lama setelah saya menghapus seluruh data di komputer :(, saya ingin mencoba menggunakan linux. Kebetulan ketika saya SMA, saya mendapatkan CD instalan Ubuntu 8.01 dan Kubuntu 8.01 yang dikirim langsung dari Belanda. Komputer saya mempunyai 3 buah partisi, satu telah saya gunakan untuk sistem windows dan salah satunya yang kosong saya gunakan sebagai sistem untuk Ubuntu. Jadi ketika menjalankan windows, drive yang digunakan untuk Ubuntu tidak terlihat.

Namun ini hanya coba-coba, setelah berhasil instal Ubuntu 8.01, saya tidak memantapkan keputusan untuk menggunakan dual boot. Semua ini hanya untuk pembelajaran, karena sejak saya dapatkan CD tersebut beberapa tahun lalu, belum pernah saya gunakan. Masalah mulai timbul, bagaimana cara menghapus Ubuntu. Saya benar-benar tidak nyaman melihat booting menggunkan dual boot ini, apalagi pada saat booting ada 5 pilihan, 4 diantaranya kepunyaan Ubuntu, dan yang 1 untuk Windows 7. Benar-benar mengganggu, banyak sekali OS yang ada.

Saya kemudian mencari jawaban tersebut, setelah sekian lama mencari dari google dengan kata kunci bermacam-macam. Akhirnya saya mandapatkan pencerahan dari blognya Om Luke Addison.

Pada situasi seperti ini yang kita butuhkan hanyalah DVD instalasi windows 7 (saya belum mencoba keberhasilan jika menggunakan Command Prompt dari windows). Saya harapkan baca hingga selesai terlebih dahulu jika ingin mempraktekkan cara ini.

1. Booting komputer dari CD/DVD.
2. Pada menu Repair masuk ke pilihan Command Prompt.
3. Untuk menghapus pilihan OS pada saat booting, ketikkan bootsect /nt60 C:
4. Dan untuk mengembalikan booting primary pada windows 7, ketikkan bootrec /fixmbr
5. Kemudian restart komputer.

Dengan perintah tersebut booting hanya akan berlaku untuk windows 7 saja. Jadi tidak perlu memilih OS, karena komputer akan langsung memproses windows 7. Lalu bagaimana dengan linuxnya?

Booting untuk Ubuntu telah hilang, namun sistem dan file-filenya masih ada. Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan Disk Management yang ada pada windows 7. Pada Windows Explorer, drive yang kita gunakan untuk Ubuntu memang tidak terlihat, tetapi pada Disk Management seluruh drive yang ada akan muncul.

1. Start, kemudian klik kanan pada Computer dan klik Manage. (login dahulu sebagai administrator)
2. Untuk menghapus seluruh data Ubuntu, pada menu Disk Management klik kanan pada drive tempat Ubuntu diletakkan dan pilih Delete Volume
3. Drive yang kita delete tersebut belum bisa kita gunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, klik kanan pada drive tersebut dan klik New Simple Volume
4. Klik Next, dan tetapkan kapasitas yang akan digunakan, jika ingin menggunkan seluruh kapasitas drive langsung klik Next
5. Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
6. Pada Volume label tuliskan nama untuk drive tersebut, kemudian Next dan Finish.

Seluruh langkah yang saya gunakan tersebut telah sukses mengembalikan komputer saya seperti yang diharapkan. Ada beberapa catatan bagi yang menggunakan loader untuk pengaktifan windows 7 menjadi genuine. Loader tersebut akan hilang, mungkin itu dikarenakan perintah saat kita menghapus linux booting tadi. Jadi saya menyarankan untuk mempersiapkan loader terlebih dahulu. Jika anda kesulitan mencari loader untuk menjadikan windows 7 genuine, ada bisa mendapatkannya pada artikel saya tentang Windows 7 Professional Genuine.
Maaf kalau tidak lengkap...............

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger